Sabtu, 27 Maret 2010

Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata)

Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata)

Oktober 10, 2009 in Ikan Air Tawar

Klasifikasi dari ikan Betutu (Lie Siauw foey, 1968 dalamKomarudin, 2000):

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Superkelas : Pisces

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Subordo : Gobiodea

Family : Eleotridae

Species : Oxyeleotris marmorata

Gambar Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata)

Betutu (Oxyeleotris marmorata) memiliki nama lokal yang beragam, yaitu bloso, ikan malas, ikan bodoh (Jawa); bakut, batutuk, belutu, ikan hantu (Kalimantan); bakut, beluru, bekutut (Sumatera). Menurut Komarudin, (2000), nama yang paling populer adalah betutu, sekaligus digunakan sebagai nama resmi dalam dunia perikanan di Indonesia.

Morfologi

Tubuh betutu terdiri dari kepala, badan dan ekor dengan perbandingan ketiganya 1 : 4 : 1. Tubuh besar pada bagian kepala kemudian mengecil ke bagian ekor. Kepala bisa dibilang besar bila dibandingkan dengan ukuran tubuh. Tutup insang, mata, hidung, mulut menghiasi bagian itu. Tutup insang berupa lempengan yang menutup bagian belakang kepala yang bisa membuka dan menutup. Mata kecil dengan bagian tengah berwarna coklat muda dan bagian tepi berwarna coklat agak tua yang melingkar seperti cincin. Hidung juga kecil dan terletak di bagian atas kepala. Sedangkan mulut berada di depan kepala yang membelah hampir sebagian kepala.

Seluruh tubuhnya ditutup dengan sisik-sisk kecil, mulai dari belakang kepala sampai perbatasan pangkal ekor dengan warna dasar coklat muda. Pada bagian tertentu adan bercak-bercak hitam dan coklat tua, yang divariasi dengan titik-titik dengan warna yang sama. Pada bagian itu pula, sirip-siripnya menempel. Betutu memiliki lima buah sirip, yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip dubuh dan sirip ekor. Kelima sirip nampak besar (Komarudin, 2000).

Habitat dan Persebaran

Ikan ini banyak ditemukan di perairan yang tenang, seperti danau, rawa, waduk, dan perairan tenang lainnya, terutama di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Hidup bukan di daerah yang dalam, tetapi lebih suka di daerah yang dangkal. Ikan betutu tidak senang pada perairan yang deras, karena ikan ini sangat fasif, atau lebih banyak diam. Ikan betutu juga banyak ditemukan di negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Penyebarannya tidak seluas ikan sidat yang mendunia. Ikan betutu hanya tersebar di Asia Tenggara saja (Usniarie, 2008).

Tidak ada komentar: