Selasa, 30 Maret 2010

ikan teri

pasti semua udah tau tentang ikan teri kan????
mmmm,,
enak kalau digoreng cabe,,,
anak kos2an biasanya paling sering masak ikan teri ini,,,,,
ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota keluarga Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan.

Walaupun anggota Engraulidaei ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya. Mangsa utama ikan teri ialah plankton.
Baiklah,,,
ini klasifikasi ikan teri:


Kerajaan: Hewan
Filum: Kordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Clupeiformes
Famili: Engraulidae

Selain itu teman-teman teri mencegah dari OSTEOPOROSIS
Mengonsumsi ikan sejak anak-anak bukan hanya membuat otak menjadi lebih cerdas dan tubuh menjadi lebih sehat. Menurut berbagai kajian, ikan juga mampu mencegah timbulnya beragam penyakit.

Salah satunya yang dianjurkan adalah mengonsumsi ikan teri, sayur-sayuran, dan buah-buahan setiap hari untuk mencegah keropos tulang (osteoporosis) di masa tua. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Ahmad Sujudi beberapa waktu lalu.

"Saat ini rata-rata penduduk Indonesia hanya mengonsumsi 254 mg kalsium per hari, padahal kebutuhan kalsium 1.000 mg per hari per orang untuk memperkuat tulang," katanya. Oleh karena itu, harus memperbanyak makanan yang banyak mengandung kalsium seperti halnya ikan teri.

Sebuah kajian lain mengungkapkan bahwa penguatan tulang bisa dilakukan dengan berolahrarga secara teratur. Gerak olah fisik secara rutin akan melatih tulang sehingga memiliki respons yang baik terhadap beban yang dipikulnya.

Selain menganjurkan makan ikan teri, Menkes juga mengatakan bahwa kurangnya kalsium dalam tubuh bisa disebabkan oleh konsumsi rokok dan alkohol. Jadi kalau tidak ingin keropos di hari tua, sebaiknya hindari rokok dan alkohol. (L-11)

Sumber : http:/www.suarapembaruan.com

Tidak ada komentar: