Rabu, 17 Maret 2010

ikan hiu

Terdapat lebih dari 350 jenis hiu yang dikenal. Menurut Shark Foundation, seperempat spesies ini adalah termasuk perburuan komersial, yang telah memberikan dampak ke berbagai spesies, di seluruh dunia, yang menjadi terancam punah.

Beberapa ikan hiu dengan penurunan angka memiliki namayang cukup eksotik seperti Endeavour Dogfish dan hiu Zebra, serta favorit seperti Whale shark. Tapi karena kita hanya tahu relatif sedikit tentang rincian dari banyak jenis tingkah laku hiu, untuk membantu setiap konservasi hiu, biologi laut studi harus terlebih dahulu mengetahui lebih lanjut tentang habitat dan tingkah laku ikan jenis ini dan ikan misterius.

Banyak orang yang takut terhadap hiu karena mereka takut dengan sosoknya dan reputasi membunuhnya. Namun, di sebagian besar dunia serangan hiu cukup langka dan lebih sedikit menyebabkan tingkat fatalities daripada melukai.

Di suatu tempat di dunia di mana orang lebih sering bertemu hiu, ada tindakan dimana orang dapat mengambil langkah-langkah untuk perlindungan dari serangan hiu, namun jarang mereka perhatikan. Untuk Surfers dan perenang, banyak pantai memasang jala untuk mencegah hiu hiu supaya tidak terlalu dekat ke pantai.

Pakaian pelindung serangan ikan hiu ini sangat di rekomendasikan untuk di gunakan oleh penombak ikan dimana akan sering bertemu, mempunyai banyak ikan yang di tombak, dan akan menyebabkan menarik perhatian dari hiu. Hal ini disebabkan karena banyak jenis hiu, para pemakan bangkai atau juga sebagai pemburu, akan tertarik ke luka dan mangsa yang panik.

Ini pencegahan untuk jenis situasi ini - dimana orang bisa menemukan sendiri tanpa disadari tingkah laku rutin pada ikan hiu - yang membuat biologi laut konservasi studi menjadi penting. Nilai sesungguhnya dari konservasi penilitian hiu, adalah dengan mencari cara yang paling efektif untuk mengurangi dampak manusia pada habitat hiu.

Kesukarelawanan untuk studi konservasi laut mungkin membawa Anda ke beberapa bagian yang indah dan menarik di dunia. Salah satu contohnya adalah program konservasi tiger shark yang berjalan di Aliwal Shoal Marine Protected Area off the Eastern Cape, Afrika Selatan.

Pantai cantik di sini adalah dihembuskan dengan arus hangat dari Samudera Hindia dan merupakan tempat yang bagus untuk berselancar. Untuk membantu upaya konservasi laut, orang-orang relawan di sini, (mahasiswa biologi kelautan) mengumpulkan informasi tentang konservasi populasi ikan, gerakan hiu, kebiasaan makan dan wilayah.

Para relawan akan belajar untuk mengidentifikasi individu hiu dar tanda-tanda mereka, akan membantu meberikan tanda pada hiu dan melacak menggunakan perangkat elektronik. Mereka juga memiliki pakaian khusus untuk hiu tiger tanpa menggunakan perlindungan kandang hiu.

Studi seperti itu bertujuan mencari cara untuk perlindungan bagi hiu dari ancaman kepunahan dan memastikan konservasi habitat hiu alam.

By : Iqbal The Asianbrain Content Team

Tidak ada komentar: