Rabu, 17 Maret 2010

Umpan ikan

Umpan ikan adalah bagian dari alat pancing. Umpan ikan berfungsi untuk menarik perhatian ikan sasaran sehingga ikan tersebut tertarik untuk memakan atau mengigitnya. Kegiatan memancing apapun jenisnya sangat bergantung pada umpan, karena menentukan sekali dalam hasil tangkapan.

Kriteria umpan ikan yang akan digunakan tergantung pada jenis ikan yang akan dipancing. Umpan untuk ikan laut tentu akan berbeda sekali dengan umpan untuk ikan air tawar. Bahkan berlainan pula terhadap jenis ikannya. Sebagai contoh, umpan tiruan berbentuk katak, tidak akan disambar oleh ikan mas. Oleh sebab itu, pengetahuan akan umpan menjadi dasar kemampuan anda memancing.

Berikut adalah jenis-jenis umpan :

Umpan alami

Umpan ikan ini tersedia di alam, berupa tumbuh-tumbuhan, biji-bijian maupun jenis-jenis serangga yang merupakan makanan asli dari ikan tersebut di tempat liar. Contoh umpan dari tumbuh-tumbuhan adalah lumut dan daun talas. Umpan berupa hewan dan serangga seperti cacing, jangkrik, capung, gangsir, belalang, laron untuk berbagai ikan seperti nila, mujair, lele, wader, gurami.

Umpan Buatan

Umpan ikan ini diproduksi oleh pabrik atau oleh home industri. Dengan menggunakan bahan-bahan dari alam ditambah pengawet plus aroma buatan. Pellet adalah termasuk dalam kriteria ini.

Umpan buatan sebenarnya dibuat dari bahan-bahan alami : jagung, umbi jalar, dedak ditambahkan sardine dan sebagainya. Untuk mengelabui penciuman ikan, diberikan aroma buatan, baik aroma buah-buahan atau aroma amis ikan. Untuk membuat sendiri pun anda dengan mudah bisa melakukannya dengan cara tradisional. Bedanya hanya pada keawetannya saja.

Umpan tabur

Jenis umpan ikan ini hanya merupakan stimulus alias pengecoh ikan agar mau mendekat ke lapak kita. Umpan tabur diberikan sebelum kita memancing. Umpan tabur akan mengumpulkan ikan dekat dengan lokasi mancing kita sehingga saat kita mulai memancing, ikan sudah mengumpul. Sebaiknya umpan tabur tidak terlalu banyak diberikan supaya ikan tidak kekenyangan sebelum mulai memancing.

Umpan palsu

Umpan ikan yang dibuat oleh pabrik yang berbentuk menyerupai serangga yang di sukai ikan. Biasanya dibuat dari bulu-bulu dan plastik, atau bahan lain. Untuk lokasi memancing di Indonesia, sangat jarang sekali umpan ini dipakai. Biasanya di pakai untuk pemancing di luar negri atau malah untuk memancing di laut. Umpan palsu sengaja dibuat dengan warna-warni agar menarik perhatian ikan.

Beberapa ramuan umpan ikan berikut ini bisa Anda coba. Jika dianggap terlalu banyak, maka takaran menu dapat anda ubah sendiri sesuai dengan perbandingannya.

Tidak ada komentar: