Selasa, 13 April 2010

ikan aneh di ambon

Ditemukan Ikan Aneh di Ambon
Vina Ramitha

(istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Spesies ikan baru ditemukan di perairan dalam, lepas pantai Ambon, Indonesia Timur. Ikan tersebut bercorak funky dan psychedelic yang memantul di dasar laut seperti bola karet.Wow

Ikan katak (frogfish) berwarna kecoklatan dan peach itu sekujur tubuhnya bergaris-garis dengan mata bening. Seorang instruktur scuba diving menemukannya setahun lalu ketika sedang membimbing sebuah tur.

Sang instruktur langsung menghubungi penulis utama makalah yang dilansir jurnal American Society of Ichthyologists and Herpetologists, Ted Pietsch. Menurut laporan AP, Jumat (27/2), si penulis kemudian mengumpulkan DNA ikan itu dan mengidentifikasikannya sebagai spesies baru.

Seorang profesor di University of Washington kemudian menamainya psychedelica. Ia termasuk anggota antennariid genus Histiophryne. Seperti jenis ikan katak lainnya, ia memiliki sirip di kedua sisi tubuhnya dan berfungsi seperti kaki.

"Namun ada beberapa kelakuan ikan itu yang tak kita ketahui sebelumnya," tulis Pietsch.

Misalnya ketika ikan diletakkan di dasar laut, mereka menggunakan sirip dan mengeluarkan air dari bukaan insang untuk maju ke depan. Selain itu, ekor yang terletak persis di tengah tubuhnya membuat si ikan memantul-mantul dalam sebuah gerakan yang aneh.

Penasehat senior program militer Conservation International, Mark Erdman, mengatakan penemuan ini sangat menarik. Sebab jenis ikan ini memang relatif kurang dikenal. "Dan kini kita mendapatkan satu jenis lagi yang spektakular, hewan yang menakjubkan," ujarnya.

Menurut Erdman, kemungkinan corak di tubuh ikan kemungkinan bertujuan untuk meniru corak koral. Penemuan itu sekaligus menggambarkan betapa sedikit yang manusia ketahui mengenai laut. "Terutama di Indonesia dan wilayah Coral Triangle pada umumnya."

Spesies baru itu ukurannya kira-kira sebesar kepalan tangan orang dewasa dan agak lembek. Kulitnya sangat tebal, untuk melindungi dari koral tajam. Mata ikan terletak di depan, seperti manusia dan memiliki mulut yang seperti terbuka lebar seolah sedang menguap. [vin]

Tidak ada komentar: