Selasa, 13 April 2010

penemu-penemu yang brilian

Banyak sekali produk yang umum kita gunakan sehari- hari tanpa kita sadari siapa dibalik ide brilian tersebut, bahkan kita menyangka orang lain yang menemukannya.
Nikola Tesla
courtesy of www.electricitybook.com
Seorang Amerika imigran dari Serbia. Temuan dia sering kali dianggap temuan Thomas Alva Edison oleh banyak orang. Tesla menemukan gelombang radio, sistem kelistrikan arus AC serta beberapa peralatannya seperti semua sistem listrik yang digunakan oleh kita saat ini (Edison menemukan listrik DC), generator listrik, dan mesin pengerak listrik.
Alexander Parkes
Jenius dari Birmingham Inggris ini adalah penemu dan yang mengkomersialisasikan bahan plastik pertama yang dinamainya Parkesine. Namanya kurang populer setelah perkembangan plastik yang menggunakan derivat dari minyak bumi. Parkesine sendiri dibuat dari cellulose nitrate.
Leif Ericson
courtesy of www.evilscale.com
Seorang viking yang berhasil mencapai benua Amerika 500 tahun sebelum Christopher Colombus mendarat di sana pada tahun 1492. Nama Amerika sendiri dicetuskan oleh seorang pembuat peta berkebangsaan Jerman Martin Waldseemüller yang diinsipirasi oleh Amerigo Vespucci, seorang keturunan Itali yang diutus oleh raja Portugis untuk mengeksplor Amerika pada 1499 – 1502.
Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee
Orang dapat menyebutkan dengan mudah siapa pendiri Facebook, Google atau Yahoo. Tapi pada saat ditanya siapa penemu world wide web (WWW) yang merupakan platform dari situs- situs di atas, orang akan kebingungan. Warga Inggris ini bersama dengan muridnya, Robert Cailliau, pada tahun 1990 berhasil mewujudkannya.
Tom Truscott dan Jim Ellis
Tom Truscott, courtesy of www.techcn.com.cn
Mark Elliot Zuckerberg boleh menikmati kesuksesan Facebook ciptaannya, namun dia bukanlah ornag pertama yang membuat jejaring sosial di internet (social networking website). Lima tahun sebelum Zuckerberg lahir, pada tahun 1979, Tom Truscott dan Jim Ellis alumni Duke University, North Carolina, USA, mencetuskan ide dan mewujudkan jejaring sosial pertama yang dapat dibaca ataupun diupdate melalui internet yang disebut sebagai newsgroup dengan nama Usenet yang akhirnya menjadi cikal bakal platform Bulletin Board System (BBS)
Dr. Charles R. Drew
Warga Amerika Serikat berkulit hitam ini berhasil melakukan penyimpanan darah guna keperluan donor darah pada tahun 1941. Drew juga menemukan cara penyimpanan darah dalam keadaan kering. Drew sendiri pernah menjabat direktur Palang Merah untuk angkatan bersenjata Amerika hanya selama 3 bulan, dia meninggalkannya karena alasan rasisme, di mana dia diharuskan memisahkan darah berdasarkan ras.

Tidak ada komentar: